Pengalaman Membuat Sistem Ujian Daring

Assalamualaikum, salam sejahtera. 😆

Berbekal sedikit kemampuan CSS+HTML+PHP, akhirnya saya berhasil menyiapkan (setup) situs ujian daring yang digunakan secara sebenarnya kepada para siswa. Sebagai gambaran, sistem ujian yang saya bangun saya atur agar memiliki tampilan yang mirip dengan sistem UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dari Kemdikbud.

Alasannya, tentu saja agar mereka termotivasi dengan Ujian Nasional dan selalu bersiap untuk UN (membangun orientasi sedini mungkin). Kemudian, penggunaan sebenarnya di sini dalam artian sistem tersebut dipakai secara realtime dan serempak oleh para siswa yang saya ajar. Sistem ini digunakan untuk evaluasi ulangan harian dan program remedial kepada para siswa.


Karena berbasis daring, saya harus mempersiapkan infrastruktur ujian, seperti domain dan server. Kendala bermula ketika saya menggunakan server dengan spesifikasi terbatas (shared hosting dengan harga murah). Server sering membatasi akses ke situs karena penggunaan resource yang berlebihan. Hal ini sebenarnya dapat diatasi jika saya menggunakan VPS yang lebih mahal.

Walhasil, saya menyiasatinya dengan cara membuat siswa melakukan akses bergiliran. Selain itu, saya juga membatasi akses berdasarkan jenjang kelas dan jurusan, sehingga tiap siswa tidak bisa mengakses sistem. Hal ini lumayan mengurangi beban ke server dan selanjutnya evaluasi dapat berjalan dengan lancar (ya paling tidak menurut saya, haha).
"Pengalaman saya saat masuk ke situs unbk.loveit.web.id, pertama yang saya rasakan pada saat register yaitu sangat lama dan ada bacaan error terus-menerus. Saya sampai mengganti email baru, tapi tetap tidak bisa, dan ada tulisan eror 401.. (Puspita Ryza Sativa - XI IIS1 t.a. 2018-2019)"
Terlepas dari testimoni error tersebut, untuk pelaksanaan evaluasi secara offline (localhost), sistem yang saya buat dapat berjalan dengan lancar. Cukup menggunakan webserver offline (XAMPP) dan jaringan lokal, para siswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran di lab komputer sekolah secara bersama-sama dengan mudah.

Bagi Anda yang tertarik untuk melihat bagaimana sistem tersebut bekerja (working demo), Anda dapat mengunjunginya di alamat:
unbk.loveit.web.id

Comments

Popular posts from this blog

Kata yang Dicetak Miring

Soal Tulisan di Belakang Truk

Contoh Klausa Numeralia yang Salah